Headlines News :
Home » » Dirut PDAM Tirtanadi, Ir. Azzam Rizal, M. Eng, menjamin kebutuhan air minum

Dirut PDAM Tirtanadi, Ir. Azzam Rizal, M. Eng, menjamin kebutuhan air minum

Written By awasionline on Rabu, 19 September 2012 | 20.52




Dirut PDAM Tirtanadi, Ir. Azzam Rizal, M. Eng, menjamin kebutuhan air minum bagi seluruh penduduk Kota Medan pada tahun 2020 dan untuk merealisasikan target MDGs pada tahun 2015.

Dikatakannya, upaya yang telah dilakukan pihak PDAM telah membuat rencana kerja yang ditindaklanjuti dengan action plan (tindak lanjut dari rencana kerja) sesuai dengan Coorporate Plan / RPIJM kita telah merencanakan rencana kerja untuk setiap tahun.

Pada tahun 2012 ini pihak PDAM Tirtanadi telah membangun 12 unit sumur bor dan yang saat ini telah beroperasi enam sumur bor, diantaranya, di Kantor Cabang H.M.Yamin, Jl. Nilam Perumnas Simalingkar, Jl. Kalpataru Cabang Sei Agul, Jl. Bersama Cabang H.M.Yamin, Booster Pump Padang Bulan, dan Komplek Brayan City Cabang Cemara.
Sedangkan 6 sumur bor dalam tahap pembangunan, diantaranya, Jl. Banten Cabang Sei Agul, Jl. Cangkir Cabang Sei Agul, Booster Pump Martubung, Jl. Perkutut Cabang Diski, Jl. Sampul Cabang Sei Agul, Jl. Rahayu Cabang H.M.Yamin, Insya pengerjaannya selesai pada 2012 ini.

Azzam juga menyampaikan dalam menambah kapasitas produksi kita juga akan membangun Water Treatment Plant (WTP) / Instalasi Pengolahan Air (IPA) mini, kita katakan WTP / IPA mini karena IPA ini mempunyai kapasitas produksi hanya ± 20 liter per detik.

Kita akan membangun WTP / IPA mini pada 5 lokasi, yakni Jl. Avros Cabang Medan Kota, Jl. Karya Setuju Cabang Sei Agul, Jl. Nusa IV Cabang Medan Denai, Jl. Nusa Indah Psr 9 Marelan Cabang Sei Agul, Jl. Kelambir V Tj. Gusta Cabang Diski.

Untuk merealisasikan Rencana Program Investasi jangka Menengah Tahun 2011 - 2015, dibutuhkan tambahan kapasitas produksi sebesar 2000 liter/detik serta penambahan jaringan pipa pendukungnya dengan total dana yang dibutuhkan sebesar Rp. 1,2 Triliun. Alhamdulillah pada tahun 2012 ini kita mendapatkan penyertaan modal sebanyak Rp. 200 milyar dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Penyertaan modal sebanyak Rp. 200 milyar tersebut merupakan jumlah penyertaan modal terbanyak yang pernah diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Dari jumlah penyertaan modal tersebut, kita masih membutuhkan dana Rp. 800 milyar lagi untuk membangun investasi sampai tahun 2015.

Guna mendapatkan dana tersebut kita harus bekerja keras mencari investor yang akan berinvestasi di PDAM Tirtanadi. Alhamdulillah saat ini banyak investor yang mau berinvestasi dengan skema Public Private Parthnership (PPP) atau Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS).

Saat ini ada 2 investor yang akan melakukan MOU dengan kita yaitu : PT. Aquatico yang akan membangun IPA di Sei Bingei dengan kapasitas 1000 liter/detik dan New Vision Sdn Bhd dari Malaysia yang akan membangun IPA di Laubura dengan kapasitas 500 liter/detik. Kita juga saat ini sedang dalam tahap study tentang kemungkinan membeli air dari PDAM Tirta Deli melalui IPA mereka yang rencananya akan dibangun di Sei Seruwei dengan kapasitas 700 liter/detik dan di Sei Percut juga dengan kapasitas 700 liter/detik.

Syukur kepada Allah SWT bahwa Pemko Medan sekarang ini akan bekerjasama dengan kita untuk menyertakan modalnya pada PDAM Tirtanadi melalui pembangunan jaringan perpipaan dan lain - lain yang akan bisa meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat.


Dirut PDAM Tirtanadi, Ir. Azzam Rizal, mengajak seluruh Direksi dan pegawai harus bekerja sesuai dengan visi dan misi PDAM Tirtanadi dan bekerja keras untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan mengurangi keluhan pelanggan, serta yang paling penting diingatkan kepada seluruh Direksi dan pegawai harus bekerja keras untuk meningkatkan pendapatan, agar kita bisa meningkatkan kesejahteraan.( BARAT)


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !