Headlines News :
Home » » PT SOL resahkan warga taput

PT SOL resahkan warga taput

Written By awasionline on Senin, 13 Januari 2014 | 20.52

 LEDAKAN - Uji coba yang dilakukan PT SOL di Desa Silangkitang, ledakannya membuat masyarakat trauma, dan terpaksa mengungsi.LEDAKAN - Uji coba yang dilakukan PT SOL di Desa Silangkitang, ledakannya membuat masyarakat trauma, dan terpaksa mengungsi.
PT Sarulla Operation Limited (SOL) sebagai perusahaan konsorsium Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) itu kembali menggelar uji cobanya di Desa Silangkitang, Kecamatan Pahae Jae, Taput, Sabtu (11/1).
Pelaksanaan uji coba yang dinilai pihak perusahaan berjalan sukses tersebut dilakukan selama tiga jam, yang dimulai sekitar pukul 10.00 hingga pukul 13.00 WIB. Sebelum uji coba dilaksanakan, ratusan warga yang mendiami dua desa.
Masing-masing warga desa Silangkitang, dan desa Sigurunggurung sebagai desa terdekat dari lokasi sumur produksi tersebut diungsikan sejarak kurang lebih 2 km dari lokasi karena trauma atas kegagalan pelaksanaan uji coba sebelumnya.
"Kita trauma saat uji coba lalu. Dentuman keras dari lokasi serta getaran hebat bak gempa bumi akibat kegagalan ujicoba tersebut memang sangat mengejutkan. Sampai semua berlarian meninggalkan rumah. Makanya, bagus kita ikut ngungsi, jauh dari lokasi," kata Sitompul, salah satu warga Desa Silangkitang yang ikut mengungsi kepada andalas.
Sementara, Pimpinan External Relation PT SOL, Industan Sitompul kepada wartawan juga mengakui, kebijakan tersebut dilakukan perusahaan adalah untuk menjaga hal-hal yang dikhawatirkan terjadi saat pelaksanaan uji coba berlangsung.
"Memang untuk menjaga hal hal yang dikhawatirkan terjadi seperti saat pelaksanaan ujicoba yang gagal sebelumnya. Ratusan warga desa tersebut ditempatkan dilokasi pengungsian yang disediakan pihak SOL," terangnya.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !